Post Page Advertisement [Top]




Teknik komputer dan jaringan adalah kompetensi keahlian bidang teknologi informasi dan komunikasi yang menekankan keahlian pada penguasaan bidang teknik komputer dan sistem jaringan. 


Kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan ditoko-toko komputer, perkantoran, internet service provider (ISP), hotel dan perbankan.


Secara khusus tujuan kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  • Menginstalasi perangkat komputer, menginstall sistem operasi dan aplikasi
  • Menginstalasi perangkat jaringan berbasis local
  • Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas
  • Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas


Apa yang akan kalian pelajari di TKJ?


1. Komputer Dan Jaringan Dasar

Sesuai dengan nama jurusannya, maka Kamu pun akan diajari tentang perihal komputer dan jaringan dasarnya. Mulai dari materi hardware, perkembangan jaringan, hingga bagian-bagian lainnya.


2. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Di mata pelajaran ini, Kamu juga akan digembleng dengan banyak macam konfigurasi jaringan, sebut saja Cisco, Mikrotik, dan jaringan-jaringan lainnya. Selain itu, Kamu juga akan belajar tentang konfigurasi server dimana Kamu dipersiapkan menjadi seorang administrator jaringan entah itu di perusahaan besar atau kecil.


3. Administrasi Sistem Jaringan

Disini, Kamu akan belajar soal Sistem Operasi beserta proses instalasinya. Biasanya, OS ini memungkinkan untuk melayani banyak service, mulai dari pinter, HTTP, hingga DNS Service.


4. Teknologi Layanan Jaringan

Tentunya, mengambil jurusan TKJ membuatmu harus juga belajar Teknologi Layanan Jaringan. Disini, Kamu akan belajar mengenai apa saja layanan yang dirancang dan dibangun dengan tujuan untuk melayani pengguna meski dari banyak perangkat yang berbeda.


Apa sih Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Komputer dan Jaringan ?


Teknisi Komputer

Teknisi komputer adalah profesi yang sangat dibutuhkan mengingat saat ini hamper seluruh sektor pekerjaan menggunakan komputer dan komputer-komputer tersebut membutuhkan para teknisi untuk perawatan dan perbaikannya.


Teknisi Jaringan

Pekerjaan seorang teknisi jaringan adalah untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan atau network, seperti WiFi, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain.


Administrasi Server

Pekerjaan administrasi server atau admin server adalah untuk mengawasi, mengelola, serta mengamankan suatu komputer server. Prosedur penggunaan komputer server sendiri tentunya berbeda dengan komputer biasa.


Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman dalam komputer. Dengan menguasai bahasa pemrograman, programmer juga bisa membuat software atau website.


System Analyst

System analyst adalah orang yang bidang pekerjaannya yaitu berbagai hal yang

berkaitan dengan analisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya akan digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang.


Data Entry

Pekerjaan seorang operator data entry adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional, misalnya input dan output sebuah sistem.

Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]