Post Page Advertisement [Top]



 Latihan Baris-berbaris adalah suatu perwujudan latihan fisik yang ditujukan untuk menanamkan kebiasaan agar membentuk watak tertentu. Latihan Baris-berbaris tidak hanya melatih pembentukan watak para peserta didik tetapi juga melatih fisik dan membentuk tanggung jawab. Selain itu, latihan baris-berbaris juga turut menanamkan sikap disiplin dan patriotisme.

Latihan Baris-berbaris atau LBB memiliki beberapa manfaat, yaitu:

Menumbuhkan sikap disiplin 

Menumbuhkan sikap disiplin, artinya mengutamakan kepentingan tugas dibanding kepentingannya sendiri. Latihan baris-berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan.

Menumbuhkan rasa kebersamaan

Latihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba.






Meningkatkan daya konsentrasi

Baris-berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya.

Melatih solidaritas

Baris-berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antar peserta. Selain solidaritas, latihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.





Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen mengadakan kegiatan Latihan Baris-berbaris selama 3 hari yang diikuti peserta didik baru sebanyak 400 peserta didik pada hari Senin - Rabu, 24 - 26 Juli 2023 bertempat dan dilatih oleh para pelatih Batalyon Zipur 5 Kepanjen. Selain mengadakan Latihan Baris-berbaris, juga disampaikan materi Wawasan Kebangsaan Indonesia. Salah satu manfaat dari wawasan kebangsaan adalah munculnya rasa nasionalisme dalam setiap masyarakat Indonesia.





Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]