Post Page Advertisement [Top]

 MPLS singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, yang berarti bahwa semua peserta didik baru harus mengikuti kegiatan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi peserta didik baru untuk memahami seluruh rangkaian MPLS dan pra MPLS.

Dalam kegiatannya, MPLS tidak hanya pengenalan lingkungan sekolah secara fisik kepada peserta didik baru. Tetapi juga mengenai cara belajar yang efektif, konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Penting untuk dicatat, MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya.

Dalam rangka memperkenalkan Peserta Didik Baru terhadap lingkungan sekolah, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada hari Senin s.d Sabtu, 17 Juli s.d 22 Juli 2023 yang dikuti oleh seluruh Peserta Didik Baru sebanyak 400 siswa yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, baik di Kampus 1 Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 34 Kepanjen dan Kampus 2 Jl. Panji No. 130 Kepanjen 







Untuk kegiatan MPLS tahun ini mengusung tema “Membangun Pelajar Berkarakter Unggul, Berwawasan Global dan Semangat Berkemajuan". Materi-materi Kegiatan MPLS disampaikan dari pemateri Internal dan Eksternal sekolah, diantaranya :

Materi Internal

1. Pengenalan Sekolah / Wawasan

    Wiyata Mandala

2. Mengenal Budaya Sekolah

3. Cara Belajar Efektif dan

    Penguatan Konsentrasi Keahlian

4. Pengenalan Ekstrakurikuler

    Sekolah

5. Pengenalan Kepanduan Hizbul 

    Wathon 

6. Pengenalan Organisasi Ikatan

    Pelajar Muhammadiyah (IPM)

Materi Eksternal :

1. Sosialisasi Kamtibmas dari 

    Polsek Kepanjen

2. Sosialisasi Gerakan Sadar 

    Berlalu Lintas dari Satlantas

    Polres Malang

3. Sosialisasi Gerakan Anti

    Korupsi dari Kejaksaan Negeri

    Kepanjen

4. Sosialisasi Pencegahan 

    Perundungan di Sekolah dari 

    Psikolog 

5. Pengenalan Budaya Industri

    dari Indonesia Learning Center

    (ILC)




Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berjalan dengan lancar atas kerjasama dari seluruh Panitia. Kegiatan MPLS memberikan banyak kesan yang menyenangkan kepada seluruh Peserta Didik Baru.

Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]